Skip to main content

Featured

kunci gitar dan lirik when you love someone endah n rheza

D  D/F#                 G I love you but it's not so easy          D            D/F#         G To make you here with me D  D/F#                  G I wanna touch and hold you forever      Bm                A        E/G#   E But you're still in my dream                                    G                      A And I can't stand to wait till nite is coming           D To my life                              G                       A But I still have a time to break a silence Reff:                   G When you love someone              D/F# Just be brave to say                  Em                            D That you want him to be with you                    G When you hold your love                   Bm Don't ever let it go                      C Or you will loose your chance        A To make your dreams come true D  D/F#                 G I used to hide and watch you from a distance             Bm          A       G And i knew you realized D        D/F#             G

Mudah MEMBUAT JAM DIGITAL





Rangkaian jam digital merupakan rangkaian yang bekerja dengan cara asinkron berupa pencacah naik. Rangkaian ini dirancang sebagai seperti pada umunya sebuah jam yang penunjukkannya memiliki ketelitian  terhadap bilangan yaitu detik, menit hingga jam yang memakai system duapuluh empat jam. Untuk tampilan waktu, rangkaian ini akan dilengkapi dengan empat buah penampil dan tujuh buah ruas LED.
Untuk menghasilkan detak dengan satu getar/detik atau 1 Hz pada rangkaian ini diperlukan sebuah sumber detak. Hal ini juga diperlukan dalam penunjukkan bilangan second/detik yang maksimumnya 00 serta untuk me-mulai cacah pada pemicu pacacahnya. Semua pencacah tersebut dipakai dalam menunjukkan bilangan menit yang prinsip kerjanya juga sama. Kemudian pencacah selain itu, dipakai dalam menunjukkan bilangan waktu jam yang penunjukkannya adalah maksimal 23 jam.
Dari uraian diatas bisa kita simpulkan, rangkaian jam digital merupakan suatu rangkaian digital yang sederhana dan memakai prinsip kerja dr pencacah naik yg daya kerjanya dengan cara asinkron. Yaitu pencacah yg berada dipaling ujung dipakai tuk menunjukkan bilangan satu dr detik yang asalnya dr sumber detak, kemudian pencacah selanjutnya terpicu oleh pencacah yang ada sebelumnya.


Kenapa kita harus memahami rangkaian penghitung maju dan mundur? karena dalam membuat sebuah jam tentunya angka yang ada pada tampilan jam tersebut akan selalu dihitung maju setiap detiknya atau dihitung mundur mungkin saat kita akan menyesuaikan angka waktu yang dibuat. Tanpa memahami dari bagaimana sebuah rangkaian penghitung maju atau yang biasa disebut counter up bekerja, tentunya nanti kita akan merasa kesulitan memahami rangkaian jam yang terdiri dari penggabungan beberapa rangkaian counter up.



Jadi kalau jam digital 6 digit akan ada 6 buah rangkaian dasar untuk counter up. Nah seperti rangkaian counter up di artikel sebelum nya, kita disini masih menggunakan IC yang sama yaitu sebuah ic 74192 yang bisa dipakai untuk hitung maju dan mundur tergantung dapi pin mana sumber clock diberikan. Kalau masuk ke pin count up jadilah dia counter up. Kalau masuk ke pin count down nanti dia jadi counter down.



Komponen yang dibutuhkan :
1. IC Regulator 7805
2. Jack DC Female (optional kalau mau disambung kabel langsung juga bisa)
3. Capasitor elco 100uF/12 V
4. Saklar ON/OFF (optional jika tidak mau pakai saklar bisa langsung di jumper saja)
5. Capasitor elco 100uF/12 V
6. IC- ATMega 8
7. Chrystal 12 MHz
8. IC ULN 2803
9. Resistor 100 Ohm
10. Transistor fcs 9013 (posisi tulisan depan kita kakinya E-B-C)
11. Resistor 330 Ohm
12. Seven segmen
13. Push button kecil
14. Batre kancing 3 V (ini bisa juga diganti 2 batre ABC 1,5 V di seri)
15. IC RTC DS 3107
16. Resistor 4 k 7
17. Resistor 47 K
18. Chrystal 32,678 MHz

untuk lebih jelasny silahkan download coding,wiring diagram dan progam berikut ini
2.Rangkaian JAM 7Segment Atmega8

Comments

Popular Posts